On-page SEO merupakan sekumpulan teknik dasar untuk menjadikan website kita search-engine friendly, dan meningkatkan ranking website.

Sekarang setelah Anda tahu apa itu seo on-page, kata kunci atau keywords adalah suatu hal yang penting dalam on-page SEO. Namun dalam hal optimasi on-page seo, banyak elemen lain tidak hanya keywords saja, terkadang bisa terlewatkan begitu saja.

Untuk mempermudah dalam memastikan semua halaman website sudah ter-optimasi secara sempurna, berikut tim SEO By Wis memberikan daftar SEO Checklist 2021.

URLs

Pastikan semua URL halaman website anda singkat, padat jangan terlalu panjang dan menyulitkan. URL yang lebih pendek cenderung mendapatkan CTR (Click-Through Rate) yang lebih tinggi, serta memudahkan Bot Crawlers.

Jangan lupa untuk sebisa mungkin memasukkan keyword utama Anda pada website, singkirkan kata-kata penyambung seperti “pada”, “untuk”, “yang” dan pastikan URL anda kurang dari 60 karakter.

Images

Sudah pasti website harus ada image/gambar, dan semakin banyak image semakin bagus, bisa membuat visitor semakin lama di website Anda, apalagi dengan gambar infografis website jadi lebih engaging tapi ingat jangan berlebihan karena bisa menyebabkan website Anda menjadi lambat

Untuk mengoptimasi image SEO On-page, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

Image filename and alt text

Google bots tidak bisa melihat image seperti kita melihat image. Google bot perlu mendeteksi TEKS pada image untuk memahami gambar tersebut. Tulislah filename yang sangat deskriptif tentang apa yang ada dalam gambar tersebut contoh “meja-makan-kayu-jati-warna-putih-minimalis.jpg” dibanding “img-829123100-jpg” kalau dilihat dari nama file image tersebut kira-kira google bot akan lebih mengerti yang mana? Tak lupa juga untuk mengisi ALT TEXT (ini akan membantu ketika image pada website tidak dapat terbuka) pada setiap gambar di website Anda, dan masukkan keyword Anda di filename maupun ALT TEXT.

Image file size

Kecepatan loading website adalah salah satu faktor penentu nilai ranking website, baik dari desktop maupun mobile, terlalu banyak image bisa mengakibatkan loading website menjadi lambat. Pastikan ukuran image seminimal mungkin, dibawah 70KB adalah ukuran yang ideal

Titles and meta descriptions

Tinjau kembali semua title tag disetiap halaman Anda, pastikan keywords seo tertulis disemua title tag halaman Anda. Pastikan title tag anda tidak lebih dari 70 karakter, idealnya 60-65 karakter.

Dan juga, keyword pada title tag sebisa mungkin Anda masukkan pada heading H1. Dengan kata lain cuma satu H1 pada halaman Anda yang sesuai dengan title tag. Contoh pada halaman ini H1 “On-page SEO Checklist 2021” begitupun pada title tag untuk halaman ini.

Untuk meta description, pastikan Anda menuliskan keyword yang relevan sesuai dengan isi konten dan pencarian user. Meta description yang ideal sebanyak 160 karakter disetiap halaman. Kalau meta description kosong, google akan memakai text yang relevan pada halaman Anda, biasanya beberapa kalimat awal pada halaman Anda, dan ini sangat tidak ideal untuk SEO.

Page load speed

Kecepatan loading website merupakan salah satu faktor utama yang tidak bisa kita abaikan. Apabila sebuah halaman website memerlukan 3-5 detik untuk menampilkan konten, kemungkinan user akan menunggu website kita sangat kecil, bisa saja dia sudah menutup halaman kita dan membuka website kompetitor, sangat merugikan website kita, dan bisa menambah ranking website kompetitor.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, mohon dicermati:

  • CSS dan JS di minified, atau dicompress
  • Periksa semua redirects
  • Image selalu dicompress (max 70kb)
  • File compression dan browser caching
  • Check server response

Periksa website anda secara reguler PageSpeed Insights agar dapat bekerja secara optimal.

Links – internal and external

Pastikan Anda menerapkan backlink strategy yang baik dan benar. Baik internal maupun external link sangat berperan penting dalam ON-Page SEO.

External links

Mengutip sumber external, mempunyai external link adalah sangat krusial untuk membangun kredibilitas website baik oleh visitor maupun google crawler. Pastikan, anda membuat linking pada high-quality website dan sumber yang terpercaya.

Pastikan selalu bahwa tidak ada broken link (“error 404 page not found”), ini bisa menurunkan ranking seo dan user experience. Jika seandainya Anda mempunyai banyak halaman, lebih baik membuat user-friendly 404 error page dengan navigasi yang mudah sehingga user bisa tetap berinteraksi dengan halaman website Anda.

Internal links

Untuk internal link pastikan tiap halaman dalam website Anda bisa terkoneksi secara relevan. Dengan internal link bsia membantu crawlers memahami dan menilai relevansi halaman website Anda.

Internal link juga membantu visitor menunjukan halaman-halaman yang relevan dan membuat visitor tetap engaged.

Content

Blog post dan konten dalam website Anda sangat berperan penting dalam on-page SEO 2021 optimasi. Selain menyebarkan keywords pada konten Anda, dari konten title tag, url, subheading(h1,h2, dst), image filename, img alt text, ada beberapa yang harus Anda lakukan dengan benar.

Structure and readability

Pastikan konten disetiap halaman terstruktur dengan baik, heading dan subheading harus keyword-optimized, sehingga crawler bisa memahami konten Anda dengan sempurna.

Relevansi

Konten yang lengkap dan relevan dengan keyword, tidak terlalu panjang, yang padat namun sangat berguna bisa meningkatkan ranking website kita. Apabila konten tidak relevan bounce rate naik bisa mengurangi kualitas konten/website kita. Pastikan keyword dan konten berhubungan dengan baik.

 

Sekian On-Page SEO checklist untuk tahun 2021 yang terkini, maaf apabila konten ini agak terlalu panjang. Semoga bisa membantu buat sobat yang ingin mempelajari SEO. Boleh komentar apabila ada yang kurang, kita saling berbagi informasi SEO disini.