Cara Gampang SEO Audit 2021
Anda sudah mempunyai website, konten website pun sudah terisi dengan baik dan original, tahap selanjutnya adalah Anda harus melakukan Audit SEO pada website Anda, gunanya untuk mengetahui bahwa website Anda sudah optimal untuk disubmit ke Google Index.
Ya, saran saya sebaiknya sebelum Anda men-submit website Anda pada Google, Anda sudah meng-optimisasi website Anda sebelumnya.
Lantas apa saja tahapan untuk SEO Audit yang paling dasar? Berikut tahapannya:
- Test Kecepatan Website
- Optimasi Website Tags
- Perhatikan Link Website
- Sitemap & Robot.txt
Test Kecepatan Website Anda

Memeriksa kecepatan website Anda untuk SEO audit adalah hal yang paling gampang, Anda tinggal cari di google “check speed website” banyak pilihan yang bisa Anda pilih untuk menguji kecepatan website Anda. Contoh layanan check speed website untuk SEO yang sering saya gunakan adalah https://gtmetrix.com.
Optimasi Tags Pada Website Anda
Optimasi Title Tag
Untuk mengoptimisasi website tentunya Anda harus mengenali beberapa tags pada website Anda, ada Title Tags, ada Description Tags (Meta Description), ada pula IMG ALT Tags. Untuk optimalnya Title Tags harus singkat padat jelas dan berisikan ‘keyword’ yang ingin Anda optimalkan, Title Tags sendiri tidak boleh lebih dari 65 karakter/huruf, boleh aja sih kalo lebih cuma nantinya tidak optimal.
Optimalkan Meta Description
Setelah mengoptimalkan title tag untuk seo pada website Anda, lanjut ke Meta Description, pada meta description yang optimal sebaiknya diisikan deskripsi produk/jasa yang Anda tawarkan pada awalan meta description, dan pada akhir meta description keunggulan produk/jasa Anda. Meta Description sendiri sebaiknya berisi 50-160 karakter saja.
Optimasi IMG ALT TEXT
Berbeda lagi dengan IMG ALT TEXT (Optimisasi SEO pada gambar atau Image), disini tidak ada pembatasan jumlah karakter. Anda bisa mengisi sesusai dengan ‘keyword’ tapi relevan dengan gambar yang Anda pasang, jangan Anda tulis ‘Soto Ayam’ tapi fotonya ‘Es Teh’ jangan ya, kita harus tetap mengutamakan relevansi antara keyword dengan konten baik itu gambar maupun text.
Periksa Link Website
Ya, langkah selanjutnya yang tak kalah gampangnya yaitu memeriksa link pada website Anda, jangan sampai ada yang tidak bekerja, periksa dengan seksama link-link yang sudah Anda buat pada website Anda. Baik link internal maupun external harus Anda periksa dengan benar jangan sampai ada yang kelewatan. Kabar baiknya Anda bisa menggunakan Broken Link Checker, salah satunya ini https://www.deadlinkchecker.com/
Submit Sitemap & Periksa Robot.txt
Semua tags website Anda sudah optimal, baik title tags, alt tags, maupun description, konten pun sudah teroptimisasi dengan baik, dari segi relevansi sudah mantap dengan keyword Anda, Link website sudah tidak ada yang rusak, semua berjalan dengan baik.
Lantas apa lagi SEO Audit yang harus kita lakukan? Periksa apakah sitemap sudah disubmit? apabila belum sebaiknya Anda buat sitemap dengan menggunakan sitemap generator https://www.xml-sitemaps.com/ setelah sitemap sudah Anda submit di Google Search Console. Jangan lupa untuk memeriksa Robot.txt Anda apakah bot google ataupun search engine lain bisa mengakses (crawl) website Anda.
Nah sekian informasi untuk Audit SEO 2021 yang gampang tapi sangat penting untuk Anda lakukan ketika website Anda sudah siap untuk di submit ke Google.