Tips SEO UMKM dan Toko Online
UMKM merupakan salah satu penggerak roda ekonomi skala mikro yang sangat mempengaruhi kondisi ekonomi sebuah negara termasuk Indonesia. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak kendala untuk memperkenalkan produk ataupun jasa UMKM tersebut. Salah satunya ketika Anda sidah mempunyai website untuk men-display produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
Di artikel ini kita akan menjelaskan bagaimana gampang dan mudahnya untuk meng-optimisasi website untuk UMKM. Langkah-langkah yang Anda harus perhatikan dalam melakukan SEO untuk UMKM adalah sebagai berikut:
- Membuat konten yang orisinil dan berkualitas
- Tentukan Unik Selling Point Anda atau keunikan produk/jasa Anda
- Informasi pada wesbite Anda harus relevan
- Navigasi website yang mudah tidak bertele-tele
- Optimalkan title tags, meta description, dan img alt tags
Gampang bukan?? Cuma 5 hal yang harus Anda kerjakan untuk mengoptimisasi website UMKM atau website bisnis rumahan Anda. Lanjut kita bahas satu-satu..
Membuat konten yang orisinil dan berkualitas
Pembuatan konten yang original dan berkualitas adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, tidak perlu panjang-panjang yang penting adalah tidak copy-paste dengan artikel lain, dan keyword yang Anda masukkan dalam konten tersebut harus, ingat ya harus relevan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan
Tentukan Uniq Selling Point (keunikan produk/jasa)
Uniq Selling point atau keunggulan, keunikan produk/jasa yang Anda berikan tentunya tidak akan sama dengan produk/jasa yang ditawarkan oleh UMKM lain. Memang susah menentukan Uniq Selling Point(USP) ini, tapi percayalah ketika Anda memang menguasai produk/jasa yang Anda tawarkan Anda pasti mengerti betul dimana keunggulan produk/jasa yang Anda punya.
Tulis lah USP (Uniq Selling Point) ini sebagai judul, dan sematkan dikonten-konten yang akan Anda buat untuk Website UMKM Anda.
Informasi Website Harus Relevan
Produk maupun jasa yang ditawarkan pada sebuah website, harus relevan dengan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Contoh keyword yang dioptimisasi ‘SEO Terbaik di Indonesia’ tapi konten yang Anda buat malah menawarkan ‘Konsultasi Kesehatan Gratis di Jakarta’, jelas tidak ada relevansinya sehingga user maupun bot search engine akan menilai konten website Anda tidak relevan dan akan berpengaruh besar ranking website Anda. Harap menjadi perhatian hal relevansi ini.
Navigasi Website Yang Jelas
Seperti layaknya penunjuk jalan saat kita berada di jalan raya, navigasi website pun harus jelas sehingga user maupun bot crawler tidak tersesat di web Anda. Pastikan menu, link, dan navigasi lainnya bekerja dengan baik dan jelas.
Optimasi Title Tags, Meta Description dan IMG ALT Tag
Title tags pada website ini sangat penting dan crucial dalam hal SEO, baik itu seo untuk perorangan, SEO untuk umkm, maupun SEO untuk perusahaan. Cara kerja search engine akan menyisir/crawling website kita dengan bot mereka, nah bot ini lah yang akan mendeteksi atau membaca title tags, meta description dan img alt tags pada website, semakin relevan keyword kita dengan konten kita hasilnya pun akan semakin baik pada ranking website kita nantinya.
Gampang bukan? untuk melakukan SEO pada website Anda sendiri, apabila Anda mempunyai pertanyaan ataupun informasi yang lebih baik dari ini, silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.
Jika artikel tentang SEO ini menurut Anda berguna, bisa Anda sebarkan melalui medial sosial Anda. Terima kasih!