SEO tidak hanya mengukur berapa banyak visitor yang datang ke website kita, seberapa lama visitor berada dalam website kita. Dengan mengerti SEO kita juga bisa menganalisa Brand Awareness bisnis kita. Menggunakan metrik-metrik yang sesuai, kita bisa mendapatkan data untuk mengukur seberapa kuat brand kita.

Metrik SEO apa saja untuk menganalisa Brand Awareness usaha kita? Simak ulasan berikut ini.

  1. Organic Traffic
  2. Search Visibility/Organic Impression
  3. Average CTR
  4. Domain Authority
  5. Keyword Rank

 

Organic Traffic

Organic traffic dapat mengukur seberapa kuat brand kita berkompetisi dengan brand lain dalam satu lingkup kata kunci. Semakin besar nilai organic traffic yang kita dapatkan di Google Analytics dapat diartikan semakin besar pula kekuatan brand kita. Ketika SEO telah diimplementasikan, metrik yang akan terdampak adalah organic traffic. pastikan metrik organic traffic ini meningkat ketika SEO telah diimplementasikan, untuk nilai organic traffic yang paling sesuai adalah diatas 50%. Cara melihat organic traffic, pada Google Analytics anda pada bagian Audience Overview lalu tambahkan Segment lalu pilih Organic Traffic.

Search Visibility/Organic Impression

Semakin banyak halaman website yang terindex pada Google, kemungkinan besar halaman tersebut akan muncul pada mesin pencari Google, tidak selalu harus muncul pada halaman pertama Google, metrik ini bisa menilai seberapa sering website kita terlihat saat user mencari kata kunci yang relevan dengan konten website kita. Ketika metrik visibility ini naik, potensi website muncul pada halaman awal pun semakin meningkat. Pastikan content website relevan dengan kata kunci yang Anda ingin optimasi. Search Visibility / Organic impressions bisa Anda lihat di Google Search Console pada Menu Performance, lihat pada table Total Impressions. Untuk nilai Search Visibility / Organic Impressions atau total impressions ini sebaiknya diatas 50K untuk satu tahun jika website baru.

Average CTR

Relevan atau tidaknya konten yang Anda bagikan di website dapat dilihat dari metrik CTR ini atau Click-Through Rate, berikan judul atau title-tag yang menarik pula, tolong jangan click-bait itu tidak baik untuk SEO dan akan meningkatkan Bounce Rate Anda. Pastikan konten Anda sesuai dengan judul, tidak terlalu melebihkan tapi dibuat dengan menarik sebisa mungkin. Sesuaikan bahasa konten dengan target yang sesuai, apabila target Anda anak muda pakai kata-kata yang lebih mudah dicerna dengan bahasa mereka. Metric CTR bisa anda lihat di Search Console, Menu Performance, sebelah table Total Impressions. Untuk nilai CTR ini sebaiknya diatas 5% untuk website baru.

Domain Authority

Untuk metrik SEO KPI yang satu ini kita akan menggunakan semrush domain overview, untuk menggunakan semrush ini anda harus signup dengan email, tenang saja untuk domain overview ini gratis, tapi ada batas penggunaan per hari hanya beberapa domain saja ya. Authority score ini adalah metrik gabungan yang digunakan untuk mengukur kualitas keseluruhan domain atau halaman web dan mengukur kinerja SEO, untuk lebih jelasnya bisa buka ditautan ini. Untuk authority score yang bagus sebaiknya berada diatas angka 20 untuk website yang sudah lama, kalau website baru untuk tahun pertama mungkin diatas 10 udah bagus.

Keyword Rank

Semakin baik ranking keyword website bisnis kita, semakin baik pula Brand Awareness bisnis kita, bagaimana memperbaiki atau meningkatkan keyword ranking website kita? Pastikan kita menerapkan SEO yang baik dan terukur, melakukan keyword research secara benar dan berkala, menerapkan strategi konten yang baik, jika persaingan tidak terlalu sengit mungkin dalam beberapa bulan keyword ranking website kita sudah bisa nampak pada halaman awal google, SEO butuh waktu, kesabaran dan ketekunan. Jika Anda tidak punya waktu ataupun personel untuk mengerjakan SEO, kami dari Unity Metaworks Indonesia siap membantu bisnis Anda dalam menerapkan SEO yang baik dan terukur. Silahkan kontak kami, kami siap membantu Anda.